Senin, 26 Juli 2010

tugas

BLOG

Blog adalah suatu web page atau homepage yang dikembangkan lebih lanjut melalui fasilitas database tertentu. Dengan demikian, pengguna atau pengelolanya dapat mengatur sajian halaman blog secara mudah dan cepat, tanpa konfigurasi atau perubahan web page secara keseluruhan.

Blog dapat dipahami sebagai sebuah tipe atau bentuk website yang biasanya disusun secara teratur dan kronologis, dengan susunan entri atau postingan paling baru pada pengaturan paling atas dari halaman pertama, dan selanjutnya berurutan ke entri atau posting sebelumnya. Blog terkadang ditulis atau di-update secara teratur. Sering kali sebuah blog ditulis dengan topik tertentu. Biasanya komunitas blog memiliki keterikatan yang kuat dan menjadikan blog sebagai tempat berinteraksi, berbagi saran dan ide, memperoleh teman, bahkan memperkenalkan bentuk usahanya kepada orang lain.

Menurut sejarah yang tercatat di dalam Wikipedia, istilah weblog diperkenalkan atau lebih tepatnya dipakai pertama kali oleh John Barger pada tahun 1997. Selanjutnya, istilah ini disempurnakan lagi oleh Peter Merholz di tahun 1999 yang menyebut istilah “we blog”menjadi “weblog”. Sekarang, weblog lebih dikenal dengan istilah yang lebih singkat, yaitu “blog”. Selanjutnya, istilah ini mengacu pada website diary online yang ditulis oleh siapa pun dan ditujukan secara terbuka untuk semua orang.

Dalam sejarahnya, salah satu pionir Weblog adalah Xanga yang pada tahun 1997 memiliki koleksi sekitar 100 weblog saja. Kemudian dalam perkembangannya, di tahun 2005 saja Xanga telah memiliki lebih dari 50 juta weblog yang terdaftar di tempatnya.

http://melodanta.com/definisi-blog.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar